Rekomendasi Lokasi Camping Dekat Jakarta

2
307

Berikut ini adalah lokasi camping yang dekat sama Jakarta. Cocok kalau cuma punya satu malam saja menginap di tenda. Terkadang yang membuat kita malas berangkat camping adalah lokasi yang jauh sehingga cukup lama untuk mencapainya. Belum lagi kalau ketemu macet, duh sudah berasa capek di jalan. Lokasi camping di bawah ini juga gak perlu effort untuk sampai di lokasi buka tenda, kayak mesti trekking atau turun naik bukit dulu. Istilahnya nih, begitu sampai lokasi, tinggal parkir, jalan sedikit udah sampai ke camping ground. Bahkan kalau perlu, parkir kendaraan bisa di sebelah tenda heheheh.. Langsung aja ya, berikut lokasi camping dekat Jakarta (dan Depok) yang pernah kita coba.

Bukit Bodogol Camping Ground

Camping ground Bodogol

Bukit Bodogol masuk list lokasi camping yang dekat Jakarta karena menurut kami beneran dekat dan gampang dicapai. Dari tol Jagorawi lanjut ke tol Bocimi. Dari pintu keluar tol Bocimi di daerah Cigombong kira-kira setengah jam sudah sampai lokasi. Gak ketemulah macet di jalur jalan Bogor-Sukabumi. Bukit Bodogol Camping Ground berada di puncak bukit, jadi kita bisa melihat pemandangan sekeliling 360 derajat.

Lokasi Bukit Bodogol Camping Ground berada di perbatasan Kabupatan Bogor dan Sukabumi. Dan kalau mau merasakan suasana hutan, dari Bukit Bodogol bisa mampir ke Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol, yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di PPKA Bodogol, bisa nyobain canopy trail yang membentang diatas puncak pepohonan. Untuk reservasi dan informasi soal Camping Ground Bukit Bodogol bisa cek di Instagram Bukit Bodogol.

PPKA Bodogol, 5 menit perjalanan dari Bukit Bodogol Camping Ground

Alun-alun Kuta Genggelang

Alun-alun Kuta Genggelang adalah camping ground yang berada di kabupaten Bogor. Lokasinya dekat Bumi perkemahan Gunung Bunder yang sudah terkenal lebih dulu dan melegenda di kalangan pecinta camping. Udaranya sejuk dan kita bisa langsung melihat pemandangan matahari terbit dari campsite.

Sunrise di alun-alun Kuta Genggelang

Lokasi tempat camping ini cukup dekat dengan Jakarta. Setelah kita mencapai kota Bogor, ambil jalan melewati kampus IPB di Dramaga menuju Ciampea. Gak jauh dari pertigaan pospol Ciampea kita bakal ketemu pertigaan Cikampak namanya. Langsung saja belok kiri. Jalurnya mirip kayak ke Gunung Bunder. Tapi, kalau Gn. Bunder nanti ke kanan, Alun-alun Kuta Genggelang ke kiri.

Daya tarik tempat ini, selain bisa menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Salak, ada beberapa spot foto yang asik untuk feed instagram. Lokasi bisa ditempuh kendaraan non offroad. Jalur untuk kendaraan juga tidak ekstrem meski sedikit blusukan melalui kebun-kebun.

Spot foto Alun-alun Kuta Genggelang
Spot foto di Alun-alun Kuta Genggelang

Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Sunrise Pulau Pari

Kalau yang ini, lokasi camping-nya bukan dekat lagi dari Jakarta, tapi memang masih masuk wilayah Jakarta. Pulau Pari berada di kabupaten Kepulauan Seribu. Satu-satunya wilayah kabupaten yang ada di ibukota. Menuju Pulau Pari bisa naik kapal kayu dari pelabuhan Kali Adem di Jakarta Utara. Ada kapal yang langsung menuju ke sana. Datanglah pagi-pagi sekali untuk membeli tiket di lokasi. Kalau bisa sebelum jam 6 pagi sudah di loket. Sebab, jumlah kapal dan animo pengunjung ke Pulau Pari sering gak seimbang. Jumlah pengunjungnya jauh lebih banyak dibanding armada yang tersedia. Kalau kesiangan, resikonya kehabisan tiket kapal, dan batal jalan-jalan ke pulau.

Camping Ground di Pantai Pasir Perawan
Camping Ground berhadapan langsung dengan pantai

Begitu sampai di dermaga Pulau Pari, langsung bisa jalan kaki ke camping ground yang berada di Pantai Pasir Perawan. Gak jauh kok, sekitar lima menit menyusuri jalan perkampungan. Ini camping ground yang menurut kami sudah rapi banget dikelola warga lokal. Bersih dan teratur. Tersedia toilet dan musala. Warung-warung juga tertata dan siap menyediakan kebutuhan makanan 24 jam. Kita bisa camping langsung di pinggir pantai. Daya tarik camping di Pulau Pari adalah Pantai Pasir Perawan yang berpasir putih. Pantainya juga tenang dan nyaris nggak ada ombak. Bakalan betah main seharian di pantainya. Dari spot camping kita juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset sekaligus tanpa perlu pindah tempat.

Asyik main di pantai yang seperti kolam
Pantai Pasir Perawan, perairannya tenang dan berpasir putih

Gunung Bunder, Bogor

Bumi perkemahan Gunung Bunder sudah sejak lama menjadi lokasi camping favorit. Areanya luas, banyak air terjun yang bisa dikunjungi, udaranya sejuk, dan kita bisa camping di antara cantiknya hutan pinus. Lokasi perkemahan Gunung Bunder juga tergolong dekat dengan Jakarta. Terletak di kabupaten Bogor, tempat ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Banyaknya objek wisata yang terdapat di dalam area perkemahan Gunung Bunder membuat banyak juga pengunjung yang datang hanya sekedar untuk piknik. Karena itu, kalau ingin suasana yang agak tenang harus jeli memilih campsite. Ada banyak lokasi yang disediakan pengelola untuk buka tenda di sini. Tinggal pilih, kalau bisa keliling saja dulu untuk mencari tempat yang cocok. Jalur jalan menuju perkemahan Gunung Bunder mulus dan bisa dilalui berbagai kendaraan. Mulai dari motor hingga mobil sedan. Area parkir juga luas. Di beberapa spot, kendaraan yang kita bawa bisa parkir di sebelah tenda.

Air terjun di Gunung Bunder
Wisata gua di dalam area perkemahan
Jalur treking dalam perkemahan

Demikian sedikit rekomendasi lokasi camping dekat Jakarta. Sejumlah lokasi camping di Sukabumi dan kawasan Puncak yang pernah kami kunjungi tidak dimasukkan di sini mengingat jalan raya Bogor-Sukabumi dan jalan raya Puncak yang sering macet parah, sehingga menyita waktu perjalanan. Namun kalau punya waktu agak lebih, dan tidak memiliki masalah menghadapi kemacetan, banyak banget tempat camping di Sukabumi dan kawasan Puncak yang asik dijelajahi. Sebagian bisa disimak pada artikel Rekomendasi Tempat Camping Ramah Anak.

Untuk video review lokasi camping favorit, bolehlah dikunjungi channel Youtube AjakAnak. Kami mendokumentasikan sejumlah perjalanan camping ke sejumlah daerah di kanal video ini. Salah satunya adalah camping di Parang Gombong, Jatiluhur, Purwakarta seperti di bawah ini.

2 COMMENTS

  1. Aiiiiih, ini dia yang aku cari2 😀 Aku tuh belum pernah kemping bareng anak2 dan suami. Kan beda ya kalau sama teman sekolah atau kuliah mah hehehe. Ini lokasi kempingnya deket banget dari Jakarta. Yang di Gunung Bunder, banyak banget pohon pinusnya, adem 🙂 Kepengen juga ke Kepulauan Seribu 🙂 Fasilitas kemping macam2 ternyata ya, seru banget. Cuma suka bingung mandinya hahaha 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here