Rekomendasi Tempat Camping Ramah Anak

6
290

Sejak tahu kami suka sekali ngajak anak camping, banyak teman-teman yang meminta rekomendasi tempat camping yang ramah anak. Terus terang menjawabnya agak susah karena ukuran ramah anak berbeda-beda bagi setiap keluarga. Tapi akhirnya kami merumuskan sendiri kategori ramah anak versi kami. Pedoman ini dipakai sejak pertama kali ngajak anak camping. Lana, anak pertama kami belum dua tahun umurnya saat itu. Deg-degan iya, namanya juga camping perdana. Takut si kecil kedinginan, atau mendadak sakit.

Akhirnya list pun dibuat. Isinya hal apa saja yang harus dipenuhi sebuah tempat biar orang tua tenang dan anak juga senang saat diajak camping. Jadilah kategori tempat camping ramah anak menurut kami sebagai berikut:

  • Lokasi berkemah dekat tempat parkir. Kondisi ini sangat memudahkan untuk loading barang. Tahu sendiri kan perlengkapan camping saja sudah lumayan banyak. Belum ditambah lagi perlengkapan anak terutama kalau si kecil masih berusia di bawah 2 tahun, masih pakai diapers, belum banyak makan makanan padat, dan masih perlu pakai minyak telon kemana-mana. Lokasi tenda yang dekat dengan tempat parkir juga memudahkan bila terjadi suatu keadaan darurat.
  • Memiliki toilet bersih dengan air yang banyak. Ini gak perlu terlalu dibahas barangkali. Karena sanitasi itu penting banget. Selain untuk keperluan bersih-bersih, air juga dibutuhkan untuk keperluan memasak. Tubuh dan kulit anak relatif lebih sensitif soanya dibanding orang dewasa.
  • Ada warung yang buka 24 jam. Biasanya di bumi perkemahan suka ada warung seperti ini. Apalagi kalau pengunjung lagi banyak. Bukan menganjurkan makan di warung ya, karena memasak saat camping itu adalah salah satu bagian yang paling menyenangkan. Tapi dengan kehadiran warung, kalau ada bahan makanan atau perlengkapan yang tertinggal terasa lebih aman. Apalagi anak kecil itu kalau makan suka tergantung mood.
  • Punya fasilitas yang menarik anak untuk beraktivitas.

Berdasarkan kategori tersebut, kami menyusun rekomendasi tempat camping ramah anak. Semuanya sudah pernah kami datangi. Untuk membawa anak kecil di bawah 5 tahun menurut kami masuk kategori aman.

1. Batu Tapak Sukabumi

Batu Tapak Camping Ground berlokasi di Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. Ia berada di kaki gunung Salak. Sebelahan persis dengan pintu masuk Wana Wisata Cangkuang.
Dari arah Jakarta langsung saja menuju jalan raya Sukabumi. Setelah Pasar Cicurug, ambil belokan kanan ke arah Javana Spa. Lokasinya kira-kira 10 km dari jalan raya Sukabumi.

Camp site Batu Tapak

Kalau bawa anak yang masih tergolong bayi, menurut kami ini tempat yang aman banget. Kita bisa pilih lokasi camping yang paling atas dekat kantin yang buka 24 jam. Dari tempat parkir paling sekitar 50-100 meter saja. Kantinnya bagus dan melayani catering kalau kita malas masak di tenda. Di tempat yang paling atas ini tersedia area berumput yang datar dan lapang. Pemandangannya lepas ke arah Gunung Gede dan Pangrango. Penerangan dengan lampu listrik juga tersedia.

Air terjun mini, bisa untuk berenang

Camping di sini kita bisa trekking kecil-kecilan menuju fasilitas air terjun mini yang dibuat khusus untuk pengunjung. Anak-anak bisa berenang, tapi hati-hati karena airnya sangat dingin. Yang paling kami suka di sini kamar mandinya bersih banget. Untuk fasilitas VIP bahkan tersedia air panas segala.

Toilet dan kamar mandi bersih

Jika membawa perlengkapan camping sendiri, tiket masuk lokasi Rp 20.000 perorang permalam. Tapi kalau gak punya perlengkapan camping, Batu Tapak juga menyediakannya. Pengunjung tinggal bawa badan aja. Pricelist camping tersedia online. Tinggal buka saja websitenya. Sebagai catatan, loading halaman depan website lambat banget. Tapi kalau langsung buka halaman fasilitas dan price lumayan lebih cepat terbuka.

2. Bumi Perkemahan Mandala Wangi Cibodas

Bumi perkemahan Mandala Wangi Cibodas termasuk yang direkomendasikan untuk camping bersama anak. Di dalam perkemahan ada sungai kecil yang banyak batunya. Anak-anak pasti senanglah bisa mandi-mandi. Ada juga danau yang bisa kita kelilingi dengan perahu sewaan. Begitu masuk si kecil bakal suka dengan jembatan Komodo yang seolah telah menanti mereka.

Jembatan komodo (sumber: wisatacibodas.com)

Buper Mandala Wangi berada di kawasan wisata Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Kawasan ini masuk area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dari gerbang masuk kawasan wisata Cibodas, buper Mandala Wangi ada di sebelah kanan jalan. Persis sebelum kantor Taman Nasional. Udaranya sejuk dan pepohonannya tertata rapi.

Sungai di Buper Mandala Wangi

Buper Mandala Wangi memiliki parkiran yang luas. Kamar mandi tersedia. Air untuk memasak melimpah. Mushola juga ada. Di dalam ada warung yang buka 24 jam jika ada yang berkemah. Sementara di area parkiran bakal ketemu lebih banyak lagi lapak-lapak pedagang.

Danau Mandala Wangi

Untuk berkemah tiap orang dikenai biaya Rp 27.500 permalam. Harga ini sudah termasuk biaya asuransi. Buper juga menyediakan peralatan berkemah lengkap yang bisa disewa. Waktu camping di buper Mandala Wangi, kami memilih buka tenda di pinggir danau. Di sini lebih dekat ke toilet dan juga warung kecil dimana kita bisa menumpang mengecharge handphone.

3. Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas

Satu lagi tempat berkemah yang direkomendasikan untuk bawa anak di kawasan wisata Cibodas adalah bumi perkemahan Bukit Golf. Tempat ini tergolong baru dibanding buper Mandala Wangi. Seperti namanya, dulu lokasi ini adalah sebuah lapangan golf. Kalau ambil tempat camping yang agak di ujung kita bakal bertemu lokasi yang dikelilingi perbukitan.

Lokasi yang dikelilingi bukit

Buper Bukit Golf Cibodas berada di ujung kawasan wisata Cibodas. Ikuti saja jalan masuk kawasan sampai mentok gerbang masuk Kebun Raya Cibodas, lalu belok kanan. Jalan ini akan habis di area parkir buper Bukit Golf. Enaknya di camping di Bukit Golf, kita bisa buka tenda sebelahan sama mobil. Untuk mobil dengan gardan tinggi bisa masuk sampai ke dalam. Kami tak menyarankan mobil sedan untuk masuk juga. Sebaiknya parkir di area yang disediakan. Gak jauh juga kok menuju campsitenya. Ada yang bener-bener kelihatan dari parkiran. Waktu ke sini, kami ikutan Roverhood-Land Rover Camp pada November 2019.

Biaya camping di sini Rp 30.000 permalam perorang. Tersedia juga rental alat-alat camping dan paket outbond baik buat keluarga ataupun buat perusahaan. Buat anak-anak bisa main di air terjun kecil yang ada di perkemahan.


Air terjun di perkemahan Bukit Golf Cibodas

Enaknya camping di buper yang berada di kawasan wisata Cibodas adalah banyak warung tersedia di area ini. Mau belanja sayur pun bisa buat dimasak di tenda. Sayurannya juga masih segar-segar. Gak enaknya kalau jalan ke sana pas hari libur atau weekend. Mesti siap menghadapi kemacetan kawasan Puncak yang luar biasa menguji kesabaran.

4. Curug Ciputri Bogor

Di Bogor ada perkemahan Curug Ciputri yang menurut kami juga asyik buat camping ngajak anak. Lokasi Curug Ciputri tepatnya di Desa Tapos, Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berada di kaki Gunung Salak, lahan camping di sini dihiasi banyak pohon pinus. Udaranya sejuk meski gak sedingin kawasan Puncak. Camp site yang dimiliki pun luas. Bisa pilih area bagian bawah kalau tak mau terlalu jauh dari tempat parkir. Atau bisa sedikit menanjak atas kalau mau space yang lebih tenang.

Area camping di antara hutan pinus

Di Curug Ciputri gampang banget menggantungkan hammock. Penyebabnya masih banyak pohon yang berdiri berdekatan. Berayun di hammock jadi hiburan sendiri buat anak-anak. Air di sini cukup melimpah, toilet tersedia, musala juga ada di bagian depan. Warung buka 24 jam di mana kita bisa menitip ngecharge gadget.

Bisa gantung hammock di mana-mana
Anak-anak bermain di hutan pinus

Atraksi utama di sini adalah curug atau air terjun Ciputri yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Trekkingnya sekitar setengah jam dari camp site. Jalurnya landai saja, amanlah buat anak-anak. Waktu kami camping di Curug Ciputri, ada anak yang betah banget main di air terjun sampai tak mau diajak pulang. Untuk berkemah di sini cukup membayar Rp 25.000 perorang permalam.

Curug Ciputri

5. Ranca Upas Ciwidey

Perkemahan Ranca Upas di Ciwidey menjadi camping site favorit kami. Alamat persisnya di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Tak begitu jauh dari pintu masuk wisata kawah putih. Yang paling kami suka adalah pertama, udaranya dingin banget. Kedua mobil bisa masuk sampai ke dalam. Ketiga, fasilitas yang menyenangkan buat anak paling lengkap di antara tempat berkemah lainnya.

Camp site Ranca Upas

Di Ranca Upas ada penangkaran rusa, water boom dan kolam renang air panas hingga area outbond. Tak usah keluar dari lokasi juga sudah puas. Warung tersedia banyak. Ada Mushala yang cukup besar pula. Waktu kami camping di Ranca Upas, bisa pesan kayu bakar di warung untuk api unggun di malam hari.

Penangkaran rusa Ranca Upas

Untuk berkemah di sini biayanya Rp 30.000 perorang permalam, parkir mobil Rp 10.000 sekali masuk. Di sini juga bisa sewa tenda dan perlengkapannya kalau gak bawa peralatan camping.

Latar belakang kolam renang air panas di Ranca Upas

Demikian rekomendasi tempat camping ramah anak versi kami. Beberapa informasi seperti harga tiket misalnya sudah diupdate sesuai kondisi terkini. Hal ini mengingat ada tempat yang kami kunjungi saat anak-anak masih balita. Sementara sekarang (Mei 2020) anak pertama kami, Lana sudah berusia 12 tahun, dan Keano si bungsu sudah berusia 9 tahun.

Sebenarnya masih ada sejumlah tempat camping lain yang recommended buat ngajak anak versi kami. Lebih jelasnya silakan telusuri www.ajakanak.com dengan tag camping with kids. Bisa dipilih tempat mana yang kira-kira cocok dengan kondisi anak-anak dan keluarga. Selamat berpetualang.

6 COMMENTS

  1. Tempat perkemahannya punya view yang keren banget. Liatnya aja rasanya ingin liburan dan camping di sana. Semoga aja pandemi ini segera berlalu. Biar bisa ngebolang lagi.

    • Iya betul banget. Bikin review ini pun karena sudah kangen camping. Semoga beneran cepat berlalu ya pandeminya. Sudah bingung mau ngapain lagi di rumah hehehe..

  2. Aku lgs tertarik Ama Batu tapak Sukabumi, Krn disebut kamar mandinya bersih banget dan ada kamar mandi VIP :D. Penting itu buatku yg suka banget mandi hihihi… Okelaaaah, kayaknya kalo wabah sudah aman, aku pgn deh ngajakin anak2 liburan model begini. Sbnrnya dr dulu aku jg pgn beli tenda gitu, walopun msh ragu mau pake kapan.

    Tp Krn skr tau tempat2 ini ramah untuk anak, kayaknya seru juga dibeli, jd bisa pake tenda sendiri kalo camping. Aku agak ragu jujurnya mba kalo hrs pake tenda sewaan. pake punya sendiri ngerasa LBH nyaman aja.

    Tadinya aku pgn ajakin keluarga ke tanakita. Itukan bisa camping juga. Tapi yg mana ajalah, yg ptg buatku yg msh pemula banget utk urusan camping, jgn pilih tempat yg bikin ribet sendiri 😀

    • Sepanjang ngajak anak camping, kamar mandi di Batu Tapak memang yang paling bersih. Waktu kita ke sana pas banget bisa nyobain kamar mandi VIP yang kerannya bisa mengalirkan air panas juga. Padahal kita camping bawa tenda sendiri. Kalau VIP di Batu Tapak sama kayak di Tanakita, tinggal bawa badan aja karena semua sudah disediakan. Aku sih pernah survey doang ke Tanakita, tapi gak camping di situ. Secara sudah bawa tenda dan perlengkapan sendiri, berasa sayang kalau gak dipakai hehehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here