Pantai Citepus Palabuhanratu Sukabumi

2
164

Pantai Citepus di Palabuhanratu, Sukabumi, kami rekomendasikan sebagai salah satu pantai yang asyik buat ngajak anak liburan. Meski masuk kawasan pantai selatan, besarnya ombak di sini masih dalam batas toleransi aman untuk berenang dan bermain air di tepiannya. Pasir di Pantai Citepus Palabuhanratu, Sukabumi, juga lembut dan jarang ada karang. Garis pantainya landai dan panjang. Kita jadi punya banyak pilihan tempat untuk gelar kain atau tikar piknik. Plusnya lagi, pantai ini cukup bersih lho. Hampir tak ada sampah berserakan saat kami mengunjungi pantai ini. Buat anak-anak, selain main air mereka juga bisa menunggang kuda di sini.

Lokasi Pantai Citepus sangat strategis. Ia berada di tepi jalan raya Cisolok-Palabuhanratu. Mudah dicapai dan tak susah mencarinya. Alamat lengkap pantai Citepus yakni di Kelurahan Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Mungkin ada yang bingung, yang benar yang mana sih. Pelabuhan Ratu atau Palabuhan Ratu? Nah, kalau secara administratif, yang benar penulisannya adalah Palabuhanratu. Jadi bukan Pelabuhan Ratu. Cara menulisnya pun harus disambung, tanpa spasi. Tapi, kebanyakan orang melafalkannya dengan kata Pelabuhan Ratu. Kalau kita lihat di artikel pun banyak yang menulis Pelabuhan Ratu saja. Bisa jadi sengaja dilakukan untuk memudahkan pencarian artikel.

Kalau mengacu Google Maps, di saat lalu lintas lancar menuju Pantai Citepus dari Depok cuma sekitar 3 jam saja. Tapi kalau nggak lancar, dan lebih sering ini yang terjadi, bisa 4-5 jam baru sampai. Jalurnya dari tol Bocimi, masuk jalan raya Bogor-Sukabumi, lalu nanti belok kanan lewat Jalan Cikidang. Hati-hati ya lewat Cikidang, jalurnya sangat menantang. Berkelok, banyak tanjakan curam, dan beberapa jurang ada di sisi jalan.

Waktu kami ke sini, sempat papasan dengan bus yang tak lama kemudian masuk jurang. Puluhan orang tewas. Kami merinding mendengarnya saat sedang istirahat di tepi jalan. Masih kebayang tadi ketemu beberapa bus warna biru. Ternyata salah satunya kecelakaan. Kami menyaksikan banyak ambulans lalu lalang berisi para korban. Waktu itu cuma bisa berdoa, semoga banyak penumpang yang bisa selamat. Semoga pula perjalanan kami dilindungi dari segala marabahaya.

Kami tiba di Citepus menjelang sore. Dan itu adalah waktu terbaik menurut kami buat bermain di pantai ini. Matahari udah nggak terlalu panas. Pemandangan senja juga cakep banget. Kita bisa melihat sunset yang indah di sini. Anak-anak gembira bisa main ombak. Terutama Keano. Saya ingat dia pernah memandang laut dengan berurai air mata saat gak diizinkan bermain ombak di Pantai Jungwok, Gunung Kidul, Yogyakarta. Waktu itu, di sana ombak sedang besar sekali. Tentu saya gak kasih izin. Berbeda dengan di Pantai Citepus Palabuhanratu Sukabumi ini. Saya lebih tenang melepas anak-anak bermain ombak sepuasnya.

Di Pantai Citepus Palabuhanratu Sukabumi, ada area parkir yang cukup luas. Musala di sini juga besar ukurannya. Selain itu banyak warung di sepanjang pantai. Bisa buat tempat jajan kalau tak bawa bekal piknik. Ada juga sebagian yang menjual oleh-oleh serta baju pantai. Tempat bilas juga banyak tersedia. Kalau menginap di sekitar sini juga banyak guest house dan beberapa hotel kecil.

Buat masuk ke sini seingat kami hanya membayar parkir saja. Rp 30.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk motor. Waktu itu tidak ditagih biaya masuk perorang. Sebaiknya hindari mengunjungi pantai saat musim hujan. Gelombang suka besar di saat-saat tersebut, sehingga nelayan pun memilih tidak melaut.

Sementara di saat cuaca bagus juga jangan sampai lengah. Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan. Usahakan selalu ada orang dewasa untuk mendampingi mereka main air. Selebihnya, selamat bersenang-senang dengan keluarga. Selamat jalan-jalan, happy traveling!.

2 COMMENTS

  1. Jalanan di Sukabumi memang sempit sih yaa, trus kendaraan banyak ugal2annudh tau gitu, trutama yg bus truk. Aku prnh jalan di sana, itu jg serem kdg liat truk dan bus yg lwt dr arah berlawanan mba. Berasa itu jalan kayak punyanya pribadi. Aku slalu minta suami ngalah aja deh drpd adu kambing ma mereka.

    Ntah Napa kalo udh dgr pantai pelabuhan ratu itu, bawaan lgs serem mau main di pantainya mba hahahahha. Udh kebayang ombak besar sih. Makanya kalo udh ngajakin anak ke pantai, pasti cari yg pantai2 dgn ombak ga tinggi dan ga ada mitosnya hahahaha.

    • Betul… mitos pantai di Pelabuhan Ratu kadang bikin maju mundur. Tapi beneran deh, waktu kami ke Citepus dan main langsung di pantainya, mitos itu hilang dong. Soalnya ombaknya bersahabat banget. Terus hamparan pasirnya juga landai dan enak buat duduk-duduk. Mungkin pas ke sana cuaca memang lagi bagus ya. Alhamdulillah. Karena itu kalau ke Pelabuhan Ratu bakal nyari pantai ini lagi buat ngabisin waktu sama keluarga. Seru soalnya hehehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here