Makanan Khas Yunani yang Enak di Lidah Orang Indonesia

6
388

Yunani memiliki banyak sekali variasi makanan. Cita rasa masakannya kaya rempah. Ada sejumlah makanan khas Yunani yang enak di lidah orang Indonesia. Kalau biasa mencoba makanan khas Timur Tengah, ada sebagian mirip-mirip rasanya. Berbatasan dengan Turki, membuat makanan khas Yunani sepintas juga ada kesamaan dengan negeri tersebut. Tapi tentu saja setiap tempat memiliki orisinalitas masing-masing. Kekuatan budaya lokal berperan besar membentuk sesuatu yang otentik. Masakan adalah salah satunya. Berikut rangkuman makanan khas Yunani yang enak di lidah orang Indonesia.

Moussaka

Moussaka

Moussaka adalah pasta panggang berisi, daging kambing cincang, terong, dan potongan kentang yang dilengkapi saus tomat serta taburan keju. Sepintas mirip lasagna tapi lebih berempah rasanya. Bila lasagna kaya akan saus krim, maka moussaka ini terasa padat di daging cincangnya. Meskipun kita makan sepotong sudah cepat membuat kenyang. Lasagna ala Italia rasanya lebih ke gurih susu dan keju. Sementara moussaka ala Yunani rasa gurihnya datang dari rempah yang kuat banget nempel di lidah. Penggunaan tomat yang cukup banyak memberi rasa segar pada makanan ini.

Spanakopita

Spanakopita

Ini makanan khas Yunani yang bentuknya mirip martabak telur. Bedanya, lapisan luar Spanakopita terbuat dari pastry. Isinya adalah tumisan bayam yang dicampur dengan kocokan telur dan keju feta. Ada juga yang menambahkannya dengan irisan daging. Spanakopita biasanya disajikan dengan paduan saus lemon, bawang, cabai dan paprika. Kalau di Indonesia semacam acar kira-kira. Spanakopita sering juga disebut Greek Spinach Pie. Makanan ini digadoin aja udah enak banget.

Kofta Kebab (Lamb Kebab)

Kofta Kebab

Meskipun namanya kebab, penampilan Kofta Kebab atau Lamb Kebab ala Yunani beda banget dengan kebab ala Timur Tengah yang biasa kita jumpai. Gak terbungkus kulit kebab seperti yang biasa kita lihat. Kofta kebab terbuat dari daging kambing cincang yang dibumbui dengan lebih dari 10 jenis rempah berbeda. Kemudian dipanggang seperti sate.

Kofta Kebab termasuk makanan yang paling populer di Yunani. Ia sekaligus salah satu contoh pengaruh Turki pada makanan khas Yunani. Kofta Kebab disajikan biasanya bersama plain yoghurt serta irisan bawang dan tomat di atas sayuran. Sebagai pelengkap, Kofta Kebab bisa pula dinikmati dengan kentang goreng.

Tsaziki

Tsaziki

Ini dia Tsaziki, salad khas Yunani. Tsaziki terbuat dari yoghurt yang dicampur potongan bawang bombay, oregano, timun dan olive oil. Rasanya segar karena disajikan dalam keadaan dingin. Salad ini enak banget buat cocolan roti. Banyak juga yang menambahkam tsaziki ke dalam sandwich. Tsaziki biasanya dihidangkan sebagai side dish bermacam makanan khas Yunani.

Gyros

Chicken Gyros

Gyros adalah makanan khas Yunani yang terbuat dari daging yang dipanggang dengan rotisserie vertikal. Di Yunani biasanya yang dijadikan Gyros adalah daging babi dan daging ayam. Sebelum dipanggang daging direndam terlebih dulu dengan yoghurt, perasan lemon, bawang putih dan oregano. Ada yang menyajikannya dengan roti pita, ada juga yang cukup menyediakan kentang goreng. Gyros semakin nikmat bila ditambahkan tsaziki, saus tomat, serta irisan bawang merah. Rasa gyros cenderung gurih. Chicken Gyros memiliki kulit yang renyah dengan tekstur daging yang empuk di dalam.

Grilled Bell Peppers

Grilled Bell Pepper

Paprika panggang menjadi salah satu appetizer yang terkenal di Yunani. Bentuk paprikanya nggak bulat, tapi cenderung memanjang menyerupai pipa. Paprika panggang dibumbui dengan garam, minyak zaitun dan basil. Irisan bawang merah ditambahkan untuk memberi rasa gurih menemani rasa paprika panggang yang cenderung pedas manis.

Demikianlah beberapa makanan khas Yunani yang enak di lidah orang Indonesia. Semua makanan ini pernah kami coba saat berkunjung ke Monastiraki dan Plaka. Dua tempat ini adalah landmark wisata di Athena, Yunani. Kami berkunjung bersama dua anak kami. Selain makanan yang agak pedas seperti paprika panggang, seluruh makanan ini disukai juga oleh mereka.

6 COMMENTS

    • Enak mbak, cuma emang tajem banget rempahnya. Aku gak terlalu bisa masak Mbak, makanya gak kepikiran buat bikin sendiri. Malah baru penasaran cari resepnya pas baca komen Mbak Indah hihihi..

    • Ini rasanya kayak masakan Timur Tengah sih mbak. Kalau doyan nasi kebuli atau biryani kayaknya ini doyan juga hehehehe..

    • Ini enak banget sih.. cuma memang cepat kenyang karena berlimpah daging, kentang dan krim keju. Mantaplah hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here