Camping dekat Jakarta di Cibuluh Land Sentul

Bagi yang mencari lokasi camping dekat Jakarta, Cibuluh Land di Sentul, menurut kami layak dicoba. Alamat persisnya di Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kalau lewat tol Jagorawi, keluar di pintu Sentul Selatan, lanjut menyusuri jalanan Sentul City yang asri. Setelah itu baru ambil arah kiri ke Babakan Madang. Ini jalur yang lagi hits banget buat para penggemar sepeda dan penggiat trekking.

Bagi kami yang orang Depok, perjalanan camping ke sini sungguh menghemat tenaga. Sekitar 1-1,5 jam sudah bisa sampai lokasi. Berangkatnya pun bisa agak santai. Jalan menuju lokasi sudah bagus. Bisa dilalui oleh kendaraan sedan sekalipun. Cuma yang harus diwaspadai, saat mendekati campsite jalur jalan cukup sempit. Tantangan lain adalah tanjakannya yang lumayan panjang dan curam saat masuk area Cibuluh Land. Kendaraan kami sempat selip. Tapi untungnya gak lama dan para petugas dari Cibuluh Land juga sigap membantu.

Camping ground Cibuluh Land Sentul ini baru 6 bulan beroperasi, terhitung akhir Mei 2021 waktu kami ke sana. Meski begitu tempatnya sudah cukup rapi. Area campingnya rata dan bersih. Gak terlalu luas, tapi cukup buat keluarga atau kelompok kecil. Buat yang bawa campervan, atau mau buka tenda di sebelah kendaraan juga bisa. Tapi khusus yang terakhir ini areanya terbatas banget. Jadi mending reserve dulu ke pengelola supaya kebagian lapak.

Penunjuk arah ke Cibuluh Land dan Pancuran Banyu

Yang bikin kami suka camping di Cibuluh Land Sentul ini adalah ada banyak tempat main air buat anak-anak. Di dalam area ada kolam yang airnya berasal dari air terjun mini. Sementara jalan sedikit keluar, ada sungai yang airnya jernih banget mengalir deras diantara batu kali yang bertebaran di sana sini. Gak susah mencari spot yang bagus buat anak-anak mandi di sungai. Yang paling bagus sih di Leuwi Kanyere. Paling cuma 3 menit jalan kaki. Lokasinya di pinggir jalan utama menuju Cibuluh Camping Ground. Keliatan dari jalanan sungainya.

Leuwi Kanyere

Lokasinya yang mudah dicapai membuat Leuwi Kanyere banyak pengunjungnya. Karena itu kami sengaja pagi-pagi ke tempat ini biar masih sepi. Bangun tidur, sarapan di tenda terus jalan kaki deh. Tapi sebenarnya, Leuwi Kanyere ini bukan tempat pertama yang anak-anak datangi. Sebelumnya sempat basah-basahan juga di kolam yang terletak dalam area camping. Pengelola memberi nama tempat ini pancuran banyu. Buat yang camping di Cibuluh Land bisa gratis masuknya.

Pancuran Banyu di dalam area camping ground.

Kami pindah lokasi dari Leuwi Kanyere karena sudah mulai banyak pengunjung berdatangan. Ada yang bawa motor, naik mobil, mereka sewa saung di pinggir sungai sekalian makan. Spot yang dituju tetap sungai di pinggir jalan. Lebih ke atas sedikit dari Leuwi Kanyere mendekati area camping ground. Seneng banget deh di sini melihat sungai-sungainya.

Sungai di pinggir jalan, pas di bawah jembatan

Puas main air tinggal bilas di toilet yang tersedia di camping ground. Deretan toilet tersedia di dua tempat. Pertama di camp area deket kita nenda, kedua lebih ke atas sedikit dekat pancuran banyu. Toilet cukup bersih dibanding beberapa tempat camping yang pernah kita datangi. Toilet atas airnya jauh lebih banyak. Yang dibawah mesti lebih ditingkatkan lagi sama pengelola baik aliran air maupun kebersihannya.

Camping ground Cibuluh Land Sentul ini juga menyediakan mushala dan tersedia kafe sederhana yang buka di siang hari. Kalau nggak bawa tenda bisa sewa juga di sini. Petugasnya helpful dan ramah. Mereka langsung membantu kalau ada pengunjung yang baru datang menurunkan tenda dan perlengkapan lainnya ke camp area.

Listrik tersedia, jaringan telepon dan internet aman jaya. Jadi bisa masak nasi pakai rice cooker dan update status kapan aja hehehe.. Udara di sini cukup sejuk meski nggak dingin banget. Tiket masuknya perorang 35 ribu rupiah permalam, parkir kendaraan Rp 10.000. Mau bayar permobil juga bisa, Rp 150.000. Buat kami, sekeluarga dengan 2 anak, jatuhnya jadi sama aja sih.

Kalau mau reservasi bisa kontak via akun instagram Cibuluh Camping Ground. Buat kami sendiri, tempat ini okelah. Sejenak kabur dari rutinitas, ngerasain udara di alam bebas, plus main air sampai puas. Yang penting anak-anak senang, orangtua juga senang. Bisa pergi sabtu siang, minggu siang udah balik lagi sampai rumah. Cibuluh camping ground bisa masuk kategori rekomendasi tempat camping ramah anak versi kami.

Lebih lengkap seperti apa suasana di Cibuluh Land bisa kunjungi video di channel AjakAnak berikut ini.

Ajak Anak

Hallo, kami Herwin-Yossie-Lana & Keano, keluarga dengan dua anak penggemar traveling. Backpacking, budget traveling, hiking, & camping bersama anak menjadi favorit kami. Di sini kami berbagi cerita traveling dan pengalaman bertualang. Dan percayalah, bagi anda yang suka traveling dan wisata petualangan, melakukannya bersama anak dan keluarga jauh lebih menantang, sekaligus menyenangkan.

2 thoughts on “Camping dekat Jakarta di Cibuluh Land Sentul

  • June 16, 2021 at 10:27 am
    Permalink

    Aku suka Krn sungainya ituuu, juga air terjun walo mini. Tapi airnya kliatan seger dan bersih. Jarang2 aku ngeliat sungai masih jernih ginj di area Deket Jakarta.

    Blm tahu sih kapan beneran realisasikan ngajak anak2 kemping :D. Kepengin, tapi aku juga sadar diri blm pernah ngerasain kemping. Kadang yg bikin aku masih galau cuma masalah kamar mandi sih :D.

    Reply
    • June 18, 2021 at 3:53 am
      Permalink

      Betul. kamar mandi memang PR banget buat yang suka camping. Tapi di sini lumayan bersih dan cukup banyak juga jumlahnya. Mudah-mudahan tetap bisa dijagain atau malah ditambah bersih sama pengelolanya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *