Tips Bekal Camping Favorit untuk Anak

4
526

Kami suka sekali mengajak anak-anak camping. Saat camping anak-anak selalu merasa lapar. Karena itu, kami berbagi tips bekal camping yang biasa kami bawa untuk anak. Perbekalan selalu menjadi prioritas sebelum berangkat.

Lana belum 2 tahun sudah ikut camping

Awalnya dulu sempat bingung juga, mau bawa bekal makanan apa untuk anak. Apalagi ketika pertama ngajak camping, Si Kakak usianya belum dua tahun. Selain cemilan, ia tetap butuh makan berat. Disitulah PR-nya. Gimana tetap bisa menyediakan makanan berat tapi tetap praktis dan mudah dimasak. Dan akhirnya ketemu juga templatenya seperti berikut ini.

Beras

Yup, kami selalu bawa beras saat camping. Sebagai orang Indonesia, gak ada makanan yang kenyangnya ngalahin makan nasi. Biasanya camping kan sekitar dua hari satu malam. Bawa beras satu liter untuk 2 orang dewasa plus 2 anak udah cukup. Seringnya sih lebih malah. Ini dengan asumsi anak-anak kami yang doyan banget makan.

Beras cukup bawa kira-kira 1 liter

Masaknya gimana? saya biasa masak nasi pakai nesting ala tentara saat camping. Masukkan beras kira-kira segenggam. Tambahkan air sekitar dua ruas jari lebih dikit. Lalu masak dengan api sedang dalam keadaan nesting tertutup. Kalau airnya sudah mengering, balik nesting sehigga bagian atasnya yang langsung berhadapan dengan api kompor. Kecilkan api hingga nasi tanak.

Nesting ala tentara

Tipsnya, gak usah diaduk-aduk berasnya ketika masak. Nanti nasinya jadi ngeretes, kalau kata orang Jawa. Duh, saya gak tau bahasa Indonesianya apa hahaha.. Tapi intinya kalau diaduk, pas jadi nasi nanti ada bagian beras yang gak mateng dalemnya.

Telur

Kemasan telur untuk camping
(sumber gambar: aliexpress.com)

Belakangan, ini bekal yang selalu kami bawa saat camping. Telur itu enak dimakan kapan aja dan mudah masaknya. Mau direbus, didadar, diceplok, atau jadi campuran mi instan, semuanya enak. Tadinya kepikiran repot bawa telur karena takut pecah di perjalanan. Tapi sekarang udah banyak kemasan telur yang aman buat dibawa kemana-mana. Kalau packing bisa juga dimasukkan dalam beras biar tahan dari goncangan.

Nugget Ayam

Nugget Ayam (sumber gambar: freepik.com)

Hampir semua anak suka sama nugget ayam, alias chicken nugget. Ini juga bekal yang praktis dan gampang dimasak. Varian chicken nugget juga banyak. Mulai dari merk, bentuk hingga rasanya. Kalau campingnya cuma dua hari satu malam, apalagi ke daerah dingin, pengalaman kami gak perlu simpen chicken nugget di dalam coolbox. Masih aman untuk makan malam atau sarapan. Misalnya hari pertama ketika datang, malamnya chicken nugget udah bisa digoreng. Atau mau digoreng untuk sarapan juga bisa. Biar gak kelamaan di udara terbuka, biasanya paling telat saya goreng chicken nugget saat sarapan. Satu kemasan isi 500 gram saya goreng semua. Sebagian untuk sarapan, sebagian lagi saya simpan untuk bekal makan siang.

Sosis

Ini juga semacam bekal yang wajib dibawa. Sosis bisa digoreng untuk lauk nasi, dijadikan campuran nasi goreng, atau cemplungin ke dalam mi instan. Buat cemilan diantara makan berat juga ok. Perlakuannya kalau bawa sosis sama kayak bawa chicken nugget. Besok paginya paling telat udah mesti dimasak. Frozen food itu gak bagus kalau terlalu lama berada di udara terbuka.

Chicken Wings

sumber gambar: shopee.co.id

Chicken wings termasuk yang cukup sering kami bawa sebagai bekal camping. Enak banget kalau buat temen makan nasi. Pada dasarnya ayam olahan apapun apalagi dalam kemasan yang siap dimasak bisa dibawa camping. Mau chicken karage, potongan ayam bumbu, chicken pokpok, semua bisa. Pastikan aja bawa secukupnya dan jangan kelamaan disimpan. Biasanya saya suka bawa merk Fiesta, Belfoods, atau So Good. Intinya yang udah terjamin kualitas dan rasanya. Pernah bawa merk apa gitu yang kurang terkenal karena tergiur harga murah, gak taunya gak awet. Kebuang juga akhirnya dan jadi mubazir.

Sup Krim

Royco Indonesia على تويتر: "Royco Sup Krim Jagung terbuat dari ...

Nah, ini favorit buat makan di tempat dingin kayak camping di Ciwidey atau di Gunung Prau. Ada banyak banget sup krim instan yang masaknya gampang. Tinggal campurin sama air, terus taruh diatas kompor. Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental. Bisa ditambah juga sama makaroni supaya agak nendang kenyangnya. Rasanya dominan gurih dan sedikit manis. Anak-anak suka banget makan ini.

Aneka brand sup krim

Ada sejumlah brand yang ngeluarin produk sup krim instan. Knorr, Mamasuka, Royco semuanya pernah kami coba. Rasanya juga enak semua. Gak ada preferensi merk sih. Yang kebetulan ada aja yang kami bawa camping.

Mi Instan

Pilih Mi Kuah atau Mi Goreng?

Nah, kalau ini sejak belum punya anak juga udah jadi makanan wajib kalau camping. Belum resmi camping kalau belum makan mi instan. Tapi sejak punya anak dan ngajak mereka camping agak dikurang-kurangi sih. Bawa udah pasti. Cuma gak sehari tiga kali makan mi instan. Biasanya kalau mi kuah masak 2 untuk berempat. Makannya pakai nasi dengan lauk sosis atau ayam goreng atau telor dadar.

Terus sekarang karena mi instan rasanya juga macem-macem, kalau camping jadi suka bawa yang aneh-aneh juga rasanya. Kesempatan buat nyobain keluaran-keluraran baru. Khusus yang ini, mesti ada remnya. Terutama dari diri sendiri karena mama papanya juga suka banget makan mi instan hehehe..

Serat

Buah, sumber serat yang praktis untuk camping

Terus terang kalau untuk sayuran kami jarang bawa untuk camping. Soalnya gak awet. Paling kalau sempat beli dekat lokasi cukup sedikit wortel atau sawi hijau saja. Lebih gampang bawa buah kayak jeruk, pir atau apel. Mau lebih gampang lagi ya bawa agar-agar atau jelly. Enaknya sih di tempat dingin kayak camping di gunung bawa bekal kayak gini. Kalau di pantai, agar-agar atau jelly jadi gak awet dan mudah cair.

Pelengkap masakan yang sering dibawa

Kira-kira kayak gitulah tips bekal camping yang sering kami bawa untuk anak. Ini semua bahan-bahan yang mesti dimasak kecuali buah. Meskipun di rumah jarang masak, saya seneng melakukannya kalau lagi camping. Soalnya seru dan bisa eksperimen. Di luar bahan-bahan diatas, saya juga suka bawa bumbu nasi goreng, saos sambal, kecap dan margarin. Margarin bisa untuk menggoreng ataupun buat olesan roti. Gak lupa saya juga bawa sedikit garam dan gula pasir.

Aneka camilan

Untuk camilan saya bagi dua kategorinya. Snack berat untuk ganjal perut di perjalanan. Ada juga snack ringan buat mulut yang iseng gak mau berhenti ngunyah. Snack berat saya biasa bawa aneka roti. Baik roti tawar, roti sobek, atau roti manis biasa. Yang mana aja yang nemu duluan, gak perlu dibawa semua. Saya juga bawa biskuit yang bisa digolongkan sebagai snack berat juga. Sementara yang ringan bisa aneka keripik, kacang, atau chocolate bar.

Demikian tips bekal camping untuk anak ala kami. Boleh dicoba bila suka. Kalau punya tips lain, atau bekal favorit unik yang selalu dibawa saat camping boleh dishare di kolom komentar. Mau saya contek kalau boleh soalnya hehehe..

4 COMMENTS

  1. Seru bangetttt kemping begini. Aku jujurnya blm prnh kemping mba ngajakin anak. Padahal yaaaa, aku seriiing ngebayangin bisa kemping gini, itu gara2 terbawa Ama novel lima sekawan, Sapta siaga, pasukan mau tahu nya enid bylton. Kan di novel mereka sering tuh sedang piknik trus bawa bekal. Cth bekalnya bikin ngiler semuaaaa hahahah.

    Kayak sandwich isi daging, keju, bolu jeruk, kue coklat, kentang, sosis, kue2 manis, roti, tomat trus sirup dan susu. Itu selalu bikin aku jd ngayal sendiri mba. Malah kdg kalo sedang ga napsu makan, aku sengaja baca novel2 itu pas yg bagian piknik :p. Supaya laper lagi :D.

    Tp jd pgn bangettttt ajakin anak2 nyobain kemping gini:D

    • Sama dong berarti kita. Masa kecil terpengaruh sama lima sekawan, sapta siaga dan pasukan mau tahu. Anak sekarang lebih suka nonton Youtube. Makanya aku berasa penting ngajak mereka camping hehehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here