Review SIM Card Eropa Kenikura

4
206

Kalau bepergian mandiri ke luar negeri tanpa ikut tour travel ataupun guide, punya sim card internasional bagi kami is a must. Bukan sekedar buat nelepon ya, tapi paket data untuk internetan itu penting banget. Buka google maps sebagai petunjuk arah, atau nyari tau soal tempat-tempat yang dituju bisa langsung browsing. Apalagi kalau bepergiannya ke Eropa, di mana sebagian besar negaranya punya sistem trasportasi umum terpadu antar moda yang ketepatan waktunya sangat bisa diandalkan. Ngandelin maps aja untuk cari tau naik apa jam berapa kemana, selesai udah satu masalah. Gak bisa kan cuma ngandelin wifi gratisan hotel atau restoran, sementara kita itu mobile banget ke sana ke mari jalan-jalan ke berbagai lokasi.

mau cari jalan, update sosmed, chat atau teleponan, browsing tempat menarik, semua bisa pakai simcard eropa tanpa registrasi yang ribet

Paling aman dan nyaman, menurut kami, beli aja sim card Eropa di Indonesia, bisa langsung dipake begitu kita sampai sana. Kami menggunakan sim card Eropa keluaran Kenikura waktu backpacking sekeluarga ke Eropa selama 16 hari, tahun 2018 lalu.

Apa aja manfaatnya kalau pakai sim card Eropa, kita bedah satu-satu ya. Karena kami pakainya dari Kenikura, jadi ini berdasarkan pengalaman kami menggunakan sim card tersebut.

GAK PAKE PUSING REGISTRASI

Sim card Eropa ini kita beli di Indonesia, begitu dipasang langsung aktif pas landing di negara tujuan. Waktu itu, kota pertama yang kami singgahi adalah Berlin di Jerman. Sampai Bandara Tegel, keluar imigrasi langsung menyalakan handphone, kartu sudah bisa dipakai. Ada beberapa petunjuk berbahasa Indonesia dalam kemasan yang gampang banget diikuti. Handphone yang dipakai adalah LG V20 dengan ukuran sim card nano.

Pengalaman ke luar negeri dan beli simcard lokal, ribetnya adalah administrasi seperti registrasi menggunakan id card segala macam. Di beberapa negara, penggunaan sim card gak sebebas di Indonesia dan bahkan ada yang mesti bundling dengan ponselnya sekalian. Jadi, nyari tempat yang jual sim card aja udah makan waktu kita, belum registrasi dan memahami proses settingnya. Itupun kalau lancar. Kalau gak lancar ya PR lagi, pahitnya sim card malah gak bisa kepake. Udah gitu belum tentu sim card lokal yang kita beli bisa dipakai di negara Eropa lainnya. Pengalaman kami pakai Kenikura, mulai dari Berlin-Amsterdam-Paris-Madrid-Barcelona-Venesia hingga perjalanan berakhir di Athena Yunani, paket internet lancar jaya.

Kenang-kenangan, sim card dari Kenikura yang dulu kami gunakan.

GUIDE VIRTUAL MURAH MERIAH

Di Eropa itu segala sesuatu mahal, begitu juga tenaga kerja. Kebayang kan mesti spending berapa kalau ke mana-mana harus pakai guide. Syukur-syukur punya kenalan. Tapi kan gak enak kalau terus-terusan minta antar sana sini. Nah, begitu punya paket data, semua kemudahan ada dalam genggaman. Pertama yang paling penting nih, informasi soal transportasi umum apa yang bisa kita gunakan bisa kita dapatkan di google maps. Buka google maps, masukan tujuan kita, langsung deh ada beberapa pilihan transportasi umum yang bisa kita gunakan berikut naiknya dari halte atau stasiun mana, plus jam keberangkatannya. Secara di Eropa ketepatan waktu transportasinya sangat bisa diandalkan, fitur ini tentu memudahkan.

Gendong backpack di terminal Bercy Seine, Paris. Bener-bener ngandelin google maps menuju hotel yang sudah kami booking sebelumnya dari tempat ini.

Pengalaman pribadi, google maps itu sudah mengkombinasikan sejumlah moda transportasi umum untuk mencapai satu tempat tujuan dengan waktu tersingkat, sesuai jam keberangkatan terdekat. Misalnya, waktu itu kami dari terminal bus Bercy Seine, tempat di mana kami pertama kali menjejakkan kaki di Paris, mau ke hotel belum tau naik apa. Jadi buka aplikasi maps, masukkan alamat hotel, udah ada rute ditunjukkan paman Google. Isinya kira-kira gini waktu itu, jalan kaki ke stasiun kereta bawah tanah sekian meter, sambung kereta jurusan A turunnya di stasiun B, dari stasiun kereta B bisa jalan kaki sekian meter, atau naik bus nomor sekian jurusan X turunnya di stasiun Y. Seru deh kalau bayanginnya macam main game. Mesti dicoba sendiri sih biar tau keasikannya.

Di Indonesia, fitur maps ini sebenernya ada juga. Tapi berhubung jam keberangkatan transportasi publik (bahkan di Jakarta) yang masih susah diprediksi, ya jadi gak maksimal aja pemanfaatannya. Trans Jakarta meskipun ada jadwalnya ya banyak ngaretnya juga, kereta commuter juga masih gitu meskipun agak mending. Saat ini yang lebih pasti mungkin baru keberangkatan MRT aja.

UPDATE SOSMED KAPANPUN DIMANAPUN

Buat yang demen mainan instagram, facebook, atau twitter, pake simcard ini asik karena bisa update status di mana aja dan kapan aja. Kami pake buat instagram paling sering. Pernah beberapa kali live instagram juga lancar. Tapi kami batasi juga buat live karena jagain kuota. Catet ya, simcard ini gak bisa di top up. Jadi belilah dari awal kuota sesuai kebutuhan. Kami pakai sim card yang masa berlakunya sekitar 28 hari atau satu bulan, meskipun perjalanan di Eropa cuma 16 hari. Biar hemat, di manapun yang ada wifi gratis, paket data kami matikan. Atau sekiranya di lokasi yang gak butuh internetan kami juga matiin itu paket data. Jadi ponsel dipakai buat foto-foto aja. Begitu mau update ke medsos baru nyalain lagi.

Upload foto kayak gini bisa langsung di lokasi, gak perlu tunggu wifi gratisan di hotel
Lokasi: East Side Gallery, Berlin

KOMUNIKASI TETAP LANCAR DENGAN APLIKASI CHAT

Enaknya punya paket data, komunikasi dengan keluarga atau teman-teman di tanah air tetap lancar pakai kanal chat. Mau chat atau teleponan lewat whatsapp, facebook messenger, chat instagram, you name it. Kalau mau video call juga boleh, tapi saran saya kalau mau video call mending gunakan wifi gratisan hehehe… ingeet kuota harus dihemat. Kalau paket data habis nanti bingung gak bisa pake maps kemana-mana lagi.


Ok, jadi gitu deh kira-kira kelebihan kalau kita pakai sim card Eropa. Terutama fitur paket datanya yang penting banget buat jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kita datangi. Kami beli sim card Eropa Kenikura lewat tokopedia. Kenikura sendiri adalah sebuah perusahaan travel. Jujur kami aja gak tau Kenikura itu apa sebelum beli sim card Eropa, kirain provider kartu komunikasi hahaha.. maaf yaaa. Selain sim card Eropa, Kenikura juga menyediakan sim card Korea, Jepang dan tempat lainnya. Lebih detail soal Kenikura berikut layanan simcard serta paket-paket travel yang disediakannya bisa liat di https://www.kenikura.com/home

Beberapa pilihan paket sim card Eropa dari Kenikura
source: www.kenikura.com (retrieved 11-11-2019)

Kalau gak salah inget, kami pakai paket sim card yang berlaku 28 hari dengan kuota 6 GB. Berikut spesifikasinya sesuai informasi yang kami dapat dari web:

  • Berlaku 28 hari dari aktivasi kartu, Kuota 6GB (tidak bisa top up), selebihnya UNLIMITED dengan speed diturunkan menjadi pelan hanya sekitar 100-200 kbps
  • Bisa untuk Handphone 3G/4G
  • Bisa untuk telp, ada nomornya, termasuk telp ke sesama Eropa selama 60 menit, terima telp atau sms tidak dibatasi.
  • Negara yang bisa digunakan : Austria, Azores, Belgium, Bulgaria, Canary Island, Corsica, Croatia, Cyprus, Czech Republic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Gibraltar, Greece, Guadeloupe, Hungary, Iceland, Ireland, Italy, Latvia, Liechtenstein, Lithuania , Luxembourg, Madeira, Malta, Netherlands, Norway, Poland, Portugal, Romania, San Marino, Sardinia, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, Switzerland, UK United Kingdom (England), Vatican City
  • Bisa melakukan panggilan data-call dengan Line, Skype & Whatsapp, BBM, KakaoTalk, dsb. Bisa untuk google maps, browsing, Facebook ataupun Instagram
  • Kartu langsung aktif, di dalam paket akan diberikan panduan manual juga jika tidak langsung aktif
  • Ukuran sim card nano, micro dan standard
  • Tipe hp yg bisa digunakan : iphone IOS terupdate minimal diatas 8.0, android OS diatas 4.0

Pengalaman kami pakai sim card ini benar-benar bisa diandalkan. Keuntungan yang didapat juga sesuai dengan harga yang ditawarkan. Perjalanan kami sangat terbantu dengan adanya teknologi internet. Makanya pilihan sim card sangat menentukan. Jangan sampai salah pilih dan malah bikin susah. Happy traveling!

4 COMMENTS

  1. Sangat menolong nih artikelnya.
    Dulu cuma ngandelin maps offline & tourist maps..jadnya sering banget nyasar 😁🤕 sehingga harus melipir nyari tempat/toko/resto yg free wifi ato nanya2 orang sono yang belum tentu bisa bahasa inggris 😂. Ambil positipnya… gara2 nyasar jadinya banyak cerita/drama yg memorable.
    Tapi emang sih lebih baik punya sim card eropa buat emergency.

  2. jujur yaaa, aku baru sekali beli simcard pas traveling ke LN. krn biasanyaaa, selalu sewa modem wifi kayak javamifi ato passpod. Tapi setelah ngerasain simcard, memang lbh praktis siiih, pake simcard drpd modem wifi sewaan :D. krn bisa utk nelpon, dan ga ush kuatir cepet drop, krn modem wifi setelah bbrp jam ya lgs abis dan hrs dicharge.

    makanya utk traveling selanjutnya, aku jg mau beli simcard international gini aja mba. lbh gampang dan praktis :). aku save deh kenikura ini utk next trip 🙂

    • Betuuul, praktis banget simcard internasional ini. Untuk kenikura kami memang baru coba keluaran ini, makanya belum bisa bandingkan dengan simcard lain. Makasih ya sudah berkunjung kw blog kami😊😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here