Jalan Jajan di Floating Market, Lembang Bandung

0
37

Apung, mengapung, terapung… kayaknya tahun-tahun terakhir ini semakin tren dan semakin nyetel dengan kata pasar atau tempat jajan. Kalau di Sentul Bogor ada Ah Poong, nah kalau di Lembang Bandung ada Floating Market. Keduanya adalah pasar buatan, tempat jajanan, sedikit menyontek dari yang asli, tradisional dan lebih legend kaya pasar terapung di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Atau kaya di negeri sebelah, Thailand.

Begitu masuk, suasana di sini bikin pengen foto-foto. Lana dan Keano langsung minta dibeliin kolecer alias kincir warna-warni. Pedestrian yang bersih dan lapang, membuat tempat ini berasa nyaman buat berjalan-jalan. Sempat bingung mencari di mana pasar apungnya. Kirain kita mesti naik perahu atau gimana. Ternyata nggak. Yang terapung itu cuma para penjual makanannya. Sementara kita membeli dari semacam dermaga berbentuk lorong panjang.

Ada macam-macam makanan yang dijual. Tapi kebanyakan berupa jajanan khas kota kembang seperti aneka gorengan, baso tahu, lotek dan nasi timbel. Kalau dari rasa, gak ada yang istimewa sih. Tapi kalau mau cari suasana yaaah bolehlah dicoba. Transaksi jual beli menggunakan koin yang bisa ditukarkan di sejumlah konter yang tersebar. 

Kalau pengunjung  mau merasakan juga bagaimana terapung di danau, bisa menjajal naik kereta air. Gerbongnya terbuat dari perahu-perahu kecil yang ditambatkan satu sama lain. Lana naik kereta ini sendiri. Kami mengawasi dari jauh bagaimana ia antre, dipakaikan vest keselamatan dan memotret momen ini.

Selesai naik kereta, jalan-jalan dan foto-foto berlanjut. Taman-taman di Floating Market ini dibuat agak tematik. Ada petak yang menampilkan keindahan kekayuan. Ada pula petak taman yang menonjolkan dekorasi batu. Sebagai tempat wisata kuliner, bisa dibilang Floating Market ini enak buat cuci mata. Bersih, segar dan rapi. Tapi kalau untuk rasa atau kuliner lidah, buat kami sih biasa saja. Gak ada yang istimewa.

Lokasi Floating Market ini di Jl. Grand Hotel No 33 E, Lembang, Bandung. Untuk sampai ke sini, kalau dari arah atas (Tangkuban Perahu, Ciater, Subang dll) ikuti jalan utama ke arah Bandung, sampai ketemu jalur satu arah dan lewati pasar Lembang. Kalau dari arah Bandung, patokannya ya pasar Lembang itu. Lokasinya gak jauh dari pasar Lembang, setelah belokan kanan, masih di jalur yang satu arah menuju Bandung, lokasinya ada di sebelah kiri. Ada jalan masuk sebelah kiri, lengkap dengan petunjuk arahnya.

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here