Masuk Gua di Museum Macan

4
120

Ada gua di Museum Macan? Yes, ada dong. Gua ini nggak seram dan gelap seperti yang sering banyak orang bayangkan. Melainkan penuh warna serta menyenangkan untuk bermain di dalamnya. Dan Keano beruntung jadi salah satu anak yang bisa masuk ke dalamnya di hari pertama gua ini dibuka. Kami mendapat undangan menghadiri launching instalasi seni terbaru untuk anak di museum ini. Makasiiih ya Museum Macan..

Bagian depan gua

Gua di Museum Macan adalah bagian dari proyek ruang seni anak. Di dalamnya anak-anak bisa bereksplorasi dengan bentuk, ruang dan warna. Gua di mana anak bisa bereksperimen dengan naluri kreatifnya ini, pada dasarnya adalah sebuah karya seni yang diberi judul “Color in Cave” atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai “Warna dalam Gua”. Sebelum masuk, anak-anak diminta untuk melepas sepatu dan mengenakan jubah. Jubah ini untuk melindungi pakaian anak dari tumpahan cat yang akan mereka gunakan untuk mewarnai gua.

Nah, begitu udah pakai jubah mulai deh si kecil bebas bereksperimen. Yang namanya anak-anak pasti seneng kan ya main dengan warna, ngecat sana sini dengan bentuk dan cara yang mereka suka. Tinggal dilepas aja sambil diawasi tentunya. Ada juga kakak dari pihak museum yang mendampingi kegiatan anak-anak ini. Terutama membantu pas mereka kesusahan mengaduk cat dengan tongkat-tongkat yang panjangnya lebih dari tinggi badan mereka. Cat yang digunakan berbasis air. Gak berbahaya buat anak-anak baik dari sisi baunya, ataupun jika bersentuhan langsung ke kulit.

Selain ruang untuk mengecat, gua juga memiliki baby zone di mana si kecil bisa mencoret-coret dengan crayon bagian gua mana pun yang mereka inginkan. Mau di lantai kek, dinding kek, atau bahkan langit-langit gua. Ada juga ornamen-ornamen kecil gua yang bisa mereka bongkar, pasang, atau dipindahkan.

“Warna dalam Gua” adalah karya Mit Jai Inn, seorang perupa asal Thailand. Mit Jai Inn salah seorang pendiri Chiang Mai Social Installation Project, sebuah wadah untuk komunitas seni dan disiplin lainnya untuk bertukar ide seputar perubahan sosial melalui berbagai forum diskusi di berbagai ruang publik. Ia adalah sosok yang berpengaruh dalam dunia seni kontemporer Thailand. Mit Jai Inn berharap lewat karyanya ini anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan dengan cara belajar yang menyenangkan, inovatif dan imajinatif dalam area yang diciptakan untuk mereka. Serunya Mit Jai Inn juga berinteraksi langsung dengan anak-anak saat mereka berkreasi di dalam gua.

Mit Jai Inn, perupa asal Thailand pembuat karya “Color in Cave”. Mit turut memberikan sambutan saat launching karyanya di Museum Macan

Terus, Keano ngapain? Keano ternyata lapaaaar, sehingga lemes saat masuk gua. Memang jamnya makan siang sih.. Jadi buat parents yang mau bawa anak ke sini, pastikan mereka sudah makan ya… Karena aktivitas bermain dengan warna ini juga butuh energi lho. Tanpa mereka sadari, sambil bermain mereka melatih motorik kasar dan motorik halus di sini. Untungnya, sebagai undangan kami dapat makan siang gratis dari Museum Macan. Keluar gua langsung meluncur ke area makan. Menunya masakan khas Thailand, negara asal Om Mit. Makanannya enak-enak. Keano sampai nambah hehehe..

Mau ikutan masuk gua di Museum Macan? Datang langsung aja ke lokasi. Proyek seni “Warna dalam Gua” sudah dibuka untuk pengunjung mulai dari 25 Oktober 2019 dan akan berakhir pada Maret 2020 nanti. Akses ke ruang seni untuk anak ini gratis bagi pemegang tiket museum yang berlaku. Satu hal lagi, semua anak yang masuk ke sini harus didampingi oleh orang dewasa yaaaa..

Alamat Museum Macan di AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta. Akses masuk bisa lewat Jalan Panjang juga. Waktu saya berdua Keano ke sana, gampang kok cari lokasinya. Patokannya deket-deketlah sama studio RCTI di Kebon Jeruk sana. Saya ikutin petunjuk arah menggunakan google maps hehehe.. Berikut harga tiket masuk yang saya ambil infonya dari web Museum Macan https://www.museummacan.org/

AnggotaGratis
DewasaRp100.000
PelajarRp90.000
Senior (usia 65 tahun ke atas )Rp90.000
Anak (3 – 12 tahun)Rp80.000
Anak (usia 3 tahun ke bawah)Gratis

Museum buka setiap hari Selasa sampai Minggu mulai jam 10 pagi sampai jam 6 sore. Hari Senin museum libur. Jangan sampai salah datang, selamat bersenang-senang bersama si kecil di Museum Macan.


4 COMMENTS

    • Iya betul, apalagi coret-coretnya bebas dan mereka juga bisa kotor-kotoran dengan cat. Pastikan anak-anak sudah memakai mantel yang sudah disediakan kalau baju mereka nggak mau kena cat hehehe..
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami.

  1. laah ini segedung ama hsbc Akr yaaa.. Aku bakal ajakin anak2 kesana kayaknya mba. secara 2-2 nya paling suka gambar :D. kalo tau mereka boleh coret2 tembok dan dindjng gini, pasti happy :D. lah di rumah ga boleh soalnya.. keren sih idenya ini 🙂

    • Yups.. silakan dicoba Mbak. Asyik kok ke museum macan. Selama bulan November 2019 ini mereka lagi ada promo diskon 10 persen buat pengunjung yang beli tiket langsung di lokasi. Cuss..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here