Camping dan Trekking di Hopeland Camp Cijeruk Bogor

2
152

Buat para penggemar camping dan trekking, boleh deh jajal datang ke Hopeland Camp yang berlokasi di Cijeruk, Bogor. Nuansa petualangannya dapat banget kalau camping di Hopeland Camp Bogor ini. Pertama, karena lokasinya baru, jadi sebagian jalan ke sana masih ada yang mirip trek off-road. Whoaaa.. bayanginnya aja udah menantang kan?. Kedua, di lokasi ada beberapa curug atau air terjun yang bisa kita datangi. Nah, perjalanan ke air terjun ini nih yang juga jadi petualangan sendiri. Soalnya, pengunjung mesti trekking menembus hutan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kondisi air terjunnya juga masih alami banget, belum banyak wisatawan yang sampai ke sana.

Lokasi Hopeland Camp tidak berapa jauh dari Jakarta atau Depok. Sekitar 1,5 jam juga sudah bisa sampai. Kalau lewat tol Bocimi, keluar di Caringin. Tinggal ikuti peta ke arah Cijeruk. Gak sulit karena lokasinya juga sudah ditandai di Google Maps.

Kendaraan yang bisa digunakan menuju Hopeland Camp gak mesti 4×4. Mobil-mobil tinggi masih bisa masuk. Tapi untuk sedan nggak disarankan. Jalan tanah yang masuk kategori semi off-road masih terbentang sekitar 2 kilometer. Selebihnya ada juga yang sudah dilapisi batuan, dan bahkan dibeton dua roda. Ada perkampungan penduduk juga soalnya di dalam sebelum kita mencapai lokasi camping.

Sunrise Hopeland Camp
Pemandangan Malam Hari

Berada di kaki Gunung Salak, HopeLand Camp memiliki camp site yang luas. Jadi kalau mau mengadakan gathering di sini juga bisa banget. Ketinggiannya sekitar 1000 mdpl. Udaranya sejuk, dan pemandangannya berhadapan dengan Gunung Gede-Pangrango. Kalau malam bisa ngeliat kerlip lampu kota di kejauhan. Sementara pemandangan sunrisenya juga gak kalah cakep dengan awan yang keliatan mengapung sejajar di lembah yang berhadapan dengan tempat kita mendirikan tenda.

Hopeland Camp ini masih dalam tahap pembangunan. Meski begitu fasilitas dasar seperti toilet dan listrik sudah ada. Jaringan wifi juga bahkan bisa disediakan, asal berkoordinasi dulu dengan pengelola. Ke depannya sih bakalan bisa glamping di sini dengan fasilitas yang cukup yahud. Kalau masuk ke bedeng pengelola kita bisa lihat site plannya. Bakal kerenlah ke depannya.

Sembari nunggu tempat camping ini jadi beneran dengan segala fasilitasnya, hal yang bisa kita lakukan di Hopeland Camp adalah trekking ke curug. Ada dua curug yang bisa dicapai dari sini. Pertama, Curug Batu Ampar yang perjalanannya menanjak dari camp site. Perjalanan santai ke lokasi sekitar 1 sampai 1,5 jam menembus hutan. Pengelola menyediakan pemandu ke curug. Jangan pergi sendirian karena jalurnya masih alami banget, belum banyak pengunjung yang lewat situ. Curug kedua adalah Curug Ciorog. Ini perjalanannya setengah jam turun dari camp site. Plus minus ya, kalau berangkatnya turun, pulangnya pasti naik. Sebaliknya kalau perjalanannya nanjak, pulangnya tinggal ikuti turunan saja.

Kalau trekking ke curug, jangan lupa bawa cairan antiseptik, salah satunya bisa Dettol. Ini penting buat ngusir pacet yang suka ada di tempat lembab. Kalau ketempelan pacet, mengusirnya ya tinggal tetesin Dettol aja. Nanti dia minggat sendiri, gak perlu susah-susah dicabut yang seringnya malah bikin darah tambah banyak keluar. Dulu, kami punya pengalaman buruk kena pacet saat camping dan trekking ke Curug Sawer di Situ Gunung. Sebelum ada jembatan gantung di sana, perjalanan ke Curug Sawer sangat menguras tenaga. Eh begitu sampai pakai ada insiden Lana histeris karena ada pacet yang nempel ditangannya. Kejadian yang masih dia ingat sampai sekarang.

Buat kami, camping dan trekking di Hopeland Camp Bogor menjadi salah satu pengalaman berkesan. Baik perjalanan menuju lokasinya, pemandangan di tempat buka tenda, sampai petualangan ke air terjun yang ditempuh dengan penuh perjuangan. Lebih lengkap seperti apa medan yang harus dijalani saat camping dan trekking ke Hopeland Camp Bogor, bisa dilihat di chanel youtube ajakanak di bawah ini.

2 COMMENTS

  1. Dan aku lgs merinding pas diksh tau ada Pacet wjwkwkwkwk. Aku juga paliiiing trauma Ama hewan 1 itu mba, Ama saudaranya lintah yg hitam semua badannya. Dulu pas msh di Aceh, sekolah SD ku itu dibangun dari hutan yg ditebas. JD masih banyaaak lintahnya berserakan. Masalahnya aku pernah liat yg Segede ban mobil -_- .. itu sukses bikin aku lemes, takut, histeris kalo udh liat binatang itu :(.

    Kayaknya aku nunggu kalo glamping nya udh jadi aja mba :D.

    • Pacet itu ternyata cukup ditetesin Dettol langsung minggir sendiri. Cuma ngeliatnya memang agak jijik sih, uget-uget gitu hehehehe…
      Kalau liat gambar desainnya, ke depan bakal jadi tempat glamping yang bagus. Desain bangunannya juga lucu-lucu. Semoga berjalan seperti yang diharapkan pembangunannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here